COPYRIGHT © COLORFUL BITUNG 2017

Bitung, Bertransformasi Menjadi Kota Wisata

Foto: Festival Pesona Selat Lembeh 2016

Bitung Bahari Berseri menjadi semboyan pemerintah Kota Bitung dan manifetasi program kerja pemerintahan kota yang digawangi oleh Walikota Bitung dan Wakil Walikota Bitung yang tengah menjabat saat ini. Kekayaan alam, kekayaan budaya, keragaman kuliner, bahari, kekuatan industri yang bertumpu pada kekayaan laut dan alam, serta keramahan warganya, terwujud dalam semboyan ini, dan kian mengukuhkan Kota Bitung sebagai kota yang dikaruniai kekayaan bahari serta kota pelabuhan dan industri yang tengah bertansformasi menjadi tempat wisata alternatif baru di wilayah Sulawesi Utara.

Foto: Tempat Pelelangan Ikan, Bitung

Pariwisata, menjadi sektor yang tengah digalakkan oleh pemerintah Kota Bitung. Melalui 5 pilar yang merupakan wujud potensi Kota Bitung, sektor pariwisata kota Cakalang ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak perekonomian dengan pondasi ekonomi kerakyatan. Pemerintah saat ini terus bebenah, untuk menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan yang akan melibatkan peran serta seluruh masyarakat kota sebagai wujud kecintaan mereka akan kota tercinta.

 

Foto: Pelabuhan Aer Tembaga saat pelaksanaan Festival Pesona Selat Lembeh 2017

 

5 pesona yang bisa dinikmati saat menjelajah kota Bitung terangkum sebagai berikut:

  1. Pesona maritim. Selat Lembeh telah lama dikenal sebagai surga muck diving terbaik dunia, serta surga fotografi makro berkat makhluk mikro yang hanya ada di alam bawah laut Bitung. Wisatawan juga dapat menikmati  pesona alam bawah laut dengan melakukan diving di 92 titik di Selat Lembeh, untuk melihat langsung critters unik yang hanya ada disini.  Atau melakukan snorkeling di beragam pantai yang indah, menjelajah hutan mangrove, dan bersantai di pantai alami yang tersebar di Bitung.
  2. Pesona Flora. Pohon enau, pohon bitung hingga woka adalah keragaman flora yang ada di Bitung dan bisa ditemui di Taman Wisata Alam Batu Angus atau Taman Wisata Batu Putih yang merupakan bagian dari Cagar Alam Tangkoko.
  3. Pesona Fauna. Daya tarik lainnya, adalah melihat habitat asli Yaki Pantat Merah (macaca nigra) dan Tarsius Spectrum yang merupakan hewan endemik. Alam Bitung juga surga bagi kuskus, babi rusa, anoa, maleo hingga hawk eagle, juga surga pecinta bird watching.
    Foto: Monumen TrikoraFoto: Kelenteng Seng Boo Kiong
  4. Pesona Industri. Dinamika Kota Bitung juga menarik untuk dilihat, yang disumbangkan oleh industri perkapalan, perikanan hingga pengolahan minyak kelapa yang diharapkan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang menginjakkan kaki di Bitung.
  5. Pesona Sejarah, Religi dan Budaya. Kota Bitung yang multikultur dan multietnis, menjadikan kota ini sarat dengan tenpat ibadah yang menarik. Jelajahi Kelenteng Seng Bo Kiong, Gereja Sentrum atau Gereja Stella Maris, Selain itu, jejak sejarah juga bisa ditemukan, seperti Monumen Jepang, Aer Prang dan Mawali Wreck yang menjadi saksi bisu kedatangan tentara Jepang pada Perang Dunia II. Jangan lupakan mampir ke Patung Tuhan Yesus setinggi 35 meter yang menjulang di Pulau Lembeh.
                                                          Foto:  Kota Bitung Dengan Latar Gunung Dua Sudara

Leave a Comment

Your email address will not be published. Marked fields are required.